Lebih Cepat Setahun…Alhamdulillah

Alhamdulillah…Ziyad mulai belajar secara teratur menghafal Al-Quran sejak umur 3 tahun 3 bulan. Hal ini dikarenakan beberapa sebab. Dia baru mulai belajar/mau bicara umur 2 tahun 3 bulanan. Itupun setelah itu masih berat dalam pelafalan. Jadi konsen aja ngajarin dia ngomong waktu itu. Cerita lengkap ada di sini.

Beda anak, beda kemampuan, beda karakter, beda gaya belajar, beda lagi penerapan menghafal Quran. Alhamdulillah Thoriq bisa ngomong pas udah mau umur 2 tahunan. Mau sendiri. Diajarin kata per kata juga mau ngikutin. Jadinya alhamdulillah untuk perkembangan bicaranya juga cepat.

Kalau yang ngikutin perkembangannya Thoriq di blog ini, aku pernah cerita dia tipe suka nyenandung-nyenandung gitu kan. Kayanya lebih ke audio. Plus lagi dia sering denger Ziyad mengulang hafalan atau ditalqin hafalan Quran.

Alhamdulillah…tepatnya pas bulan Februari, sekitar sebulan-duabulanan dia mulai  bisa ngomong, Thoriq tahu-tahu nyenandungin surat Al-Fatihah. Masih gak terlalu jelas, tapi ketangkep kalo dia tuh baca surat Al-Fatihah. Mmh…gak sepenuhnya “tiba-tiba” sih hehe. Bang Hen kalo pas lagi ngajak Thoriq keluar naik motor sebentar biasa nalqinin Al-Fatihah. Atau mungkin juga karena dengar pas aku baca keras pas lagi sholat Maghrib/Isya (Maunya pokoknya ikut andil dalam upaya bisa baca Al-Fatihah ini :D, biar pahalanya juga dapet kan, dibaca seumur hidup in sya Allah soalnya) . Ketahuannya kalo gak salah pas aku lagi sholat itu, trus dia ngikut nyenandungin bacaan Al-Fatihah.

Abis itu mulai lah merembet ke surat-surat lainnya. Yang ternyata dia juga udah nyambung-nyambung dikit. Video di bawah adalah video yang diambil bulan April ini. Udah mulai jelas pelafalannya :D.

Thoriq sekarang udah “kenal” dengan beberapa surat. Surat yang dia kenal ini biasa dia senandungin. Ada yang udah mulai lengkap (mungkin hafal ya, cuma blom bisa melafalkannya aja hehe). Tapi masih dengan lafal gak jelas karena emang dia juga masih dalam tahap proses belajar ngomong.

  1. Surat Al-Fatihah
  2. Surat Al-Masad. Lucu karena dia juga nerapin qolqolahnya…
  3. Surat At-Takatsur. Ini dia mulai “hafal” soalnya pernah memperbaiki bang Hen hafalannya Ziyad untuk surat At-Takatsur ini. Terus besoknya Thoriq mulai nyenandungin deh surat ini hehe.
  4. Surat Al-Kautsar. Ini buat variasi pas bacaan dia. Ngajarinnya pas lagi naik motor. Aku ulang-ulang aja. Besoknya dia juga mulai nyendandungin.
  5. Surat An-Naas. Ini gak berhenti-berhenti pas dia lagi pengen baca Quran bareng. “Agi..agi..” Maksudnya lagi gitu kita baca bareng dia. Terus kalo ditanya, “Apa lagi (maksudnya baca surat apa lagi)?” Dia jawabnya mesti, “Annass…”
  6. Surat Al-Lail terutama di bagian fa amma man a’tho…wattaqo…Ya…seperti biasa, karena pas ngajarin Ziyad surat Al-Lail kemarin.

Beberapa surat lainnya dia juga bisa agak nyambung kalo kita baca, tapi gak terlalu sering disenandungin sendiri :D. Alhamdulillah. Senang, tapi tetap cemas-cemas juga hehe. Semoga Allah memudahkan proses pembelajaran Thoriq selanjutnya dalam menghafal Quran.

Thoriq “Baca” Surat An-Naas

Thoriq “Baca” Surat At-Takatsur

3 Comment

  1. iin says:

    maa syaa’ Allah. keren aja..
    good job mba cizkah.
    ana jd semangat

  2. cizkah says:

    not my job…^^
    bal bi fadhlillah…alhamdulillah…

  3. Alhamdulillah.. maa syaa Allah.. thoriq.. jadi terharu deh dengernya..

Leave a Reply