Menyiapkan Screen Printing untuk Desain Outer Glow

Mesti dicatat penemuan teknik siang ini. Soalnya kalo gak bisa lupa karena agak complicated. Padahal teknik ini udah berusaha dicari-cari, diutak-atik. Alhamdulillah siang ini ketemu juga yang pas.

Dari kemarin pengen banget bikin desain kaos yang ada efek-efek glownya gitu. Tapi masalahnya kan ini untuk dicetak. Dan mesti memikirkan sisi-sisi nanti gimana untuk screen printing. Kalaupun akhirnya tahu untuk teknik pewarnaan gradasi atau yang sifatnya kaya glow ini pake halftone, kenyataannya pas praktek nyiapin desainnya untuk siap ke percetakan gak gampang. Kaya kemarin pas desain kaos yang ada gambar bulannya, pinginnya di sisi bulannnya tuh ada sinar semburatnya *sah… Tapi apa daya, udah diburu deadline karena ngejar biar bisa cetak pas Ramadhan. Nyoba berbagai teknik yang ada hasilnya gak memuaskan, hafltonenya terlalu kasar, atau engga trus nanti laptopnya ngehang. Gak bisa smooth jadi bener-bener kaya sinar semburat. Ya udah deh, dibikin spot gitu aja.

Oke. Jadi gini tekniknya.

  1. Bikin efek outer glow di objek yang kita mau di PS.
  2. Terus dijadiin rasterize supaya efeknya jadi satu sama objeknya. (Sebaiknya dicopy aja layer yg udah dikasih efek supaya ada backup).
  3. Abis itu pake teknik di tutorial ini. Singkatnya gini
  • Jadi aku select objeknya yang udah dirasterize,
  • Trus buka jendela Channel, trus bikin channel baru. Kasih nama.
  • Abis itu fill dengan warna putih (ctrl + d, x, trus alt-backspace). Abis itu kasih filter Color Halftone. Aku pake max radius 4, soalnya ini untuk efek cahaya semburat, buka untuk warna artwork desain secara keseluruhan.
  • Abis itu buka lagi jendela Layer.¬†Layer yang dirasterize tadi di hapus/dihide aja.
  • Bikin layer baru.
  • Select > Load selection, buka channel yang kita bikin tadi.
  • Fill dengan warna yang kita mau.
Nah, ini dari sisi desainnya.
Trus karena tetep bakal butuh dijadiin vektor (kalo aku sih). Langkah selanjutnya (gak kalah ribet sebenernya).
Copy objek perwarna. Yang di sini fokus ke objek yang outerglow aja.
  1. Copy objek outerglow tadi ke AI.
  2. Trus pake settingan trace di tutorial yang ini. Karena aku udah pernah nyoba tutorial ini sebelumnya, alhamdulillah pas siang ini nyoba Live Trace udah ada settingan yang ada ditutorial ini (dibagian yang Save Preset) dan aku kasih nama Halftone. Hasil tracenya bener-bener cuma yang bagian halftone, gak ada bagian yang putih-putih. Jadinya gak mesti di Expand (biasanya untuk ngilangin hasil trace yang warna putih dan gak diperluin).
Untuk catatan pribadi.
Belum dicoba secara praktek sampe ke tempat bikin kaosnya hehe. Jadi gak tau teknik ini benernan bisa diterapin gak. Mudah-mudahan sih bisa. Aamiin

Oya, pengen banget ada yang ngejelasin tentang Over Print. Udah baca beberapa tutorial, tapi tetep gak terlalu mudeng secara penerapan di “lapangan”.

Leave a Reply