Rp 30.000 (Week 36)

Ya ya…^^ judul di atas adalah biaya periksa kandungan yang baru aja kulalui. Hehe. Sama bidan dan sama 1 jenis obat kalsium untuk 2 minggu. Murah yaaa masya Allah. Huhu…Kita emang gak nebus satu jenis obat lagi soalnya udah cocok sama 2 jenis obat yang dibuatin sama dr. Eni (obipluz & prenamia). Jadi dari kemaren emang nebus di apotek aja (lagian lebih murah juga kalo nebus di apotek).

Alhamdulillah, minggu 36, kepala bujang #2 udah dibawah, posisi udah bagus, detak jantung juga bagus insya Allah, tadi 130.Kata bu Gayatri (bidan yang priksa aku), karena anak kedua, jadi kalo kepalanya belum masuk panggul (engagement ya istilah tepatnya – baca di blog drdidispog-), gpp. Biasanya akan masuk pas persalinan. (Udah pernah baca juga sih, kirain si bujang udah masuk panggul soalnya dr minggu 35 lewat 1hari udah kerasa kebawah posisinya).

Berat badannya…wah…jadi bingung deh, timbangan kok pada beda-beda semua ya. Nimbang pake timbangan di luar 51, pake timbangan di dalem ruangan 54.

Kemaren periksa terakhir (seblum yg skrg), di minggu 33. Itupun setelah 2 bulan gak periksa! Huhu…rekor…alhamdulillah soalnya gak ada masalah apa-apa. Jadi cuma beli vitamin aja selama 2 bulan itu. Tadinya mo langsung periksa di bidan aja, karena kalo udah bulan terakhir gini kan biasaya ceknya jadi per 2 minggu atau perminggu. Tapi abang pengen ngeyakinin dulu kondisi terakhir, makanya di minggu 33 kita cek ke JIH lagi sama dr. Eni.

Alhamdulillah di minggu 33 itu, kondisinya semuanya juga bagus. Perkiraan pas minggu #33 itu si bujang udah 2,1kg. Dan kata dr. Eni pertambahan tiap minggu kalo udah minggu2 ini adalah 2ons. Gak ada tali pusar yang melilit alhamdulillah. Perkembangan lainnya juga bagus, udah sesuai, tekanan darah normal. Hehe…sempet cek darah sama gula darah juga (krn sebelumnya aku masih lesu2 terus), tapi ternyata alhamdulillah kadar Hbnya udah normal, 11.1. Gula darahnya juga normal, 93. Biayanya yg dikeluarin kalo di JIH bisa 8-10x dari priksa dibidan subhanallah :D.

Mudah-mudahan baik2 terus sampe lahir nanti, lahirannya lancar. Ngarepnya sih mudah2an kaya Ziyad dulu lahirya agak cepetan, minggu #38-an. Heheh…udah kangeeeen dan rasanya kayanya lebih lega kalo si bujang udah di luar perut insya Allah.

8 Comment

  1. dewi says:

    alhamdulillaah.. seneng ya mba.. semoga lancar. ana pingin nyoba waterbirth, tapi adanya di happy land dan mahal banget..
    jadi sekarang belajar hypnobirthing sendiri aja lah..
    mba sih senam hamil juga nggak di rumah? ana masih nggak bisa belajar teknik pernapasan buat persalinannya ^^

  2. cizkah says:

    heheh…ana pernah lihat video waterbirth di bidanku.net. Tapi gak pernah tertarik sih wi hihi…

    dulu *dan skrg* gak belajar teknik2 khusus dan gak senam2 hamil si wi. hehe, eh, pas hamil ziyad senam dikit2 deng baca literatur keperawatan kakaknya Uus, tapi bener kata Umi waktu di komen facebook, pas udah ngadepin kontraksi yg sesungguhnya itu suka lupa loh heheh.

    Yang penting pas lagi sakit2 gitu kita tetep sadar apa yg kita lakukan, jgn nangis (krn ngabisin tenaga), dan berusaha napas teratur (ana diajarin sama perawatnya pas hamil ziyad buat ngatur nafas), kaya orang kepedesan gitu kalo kata bidan Dina yg juga bantuin ana nglairin dulu hihi.

    Oya, cerita kepala cabang Zahir di Jogja, istrinya dulu pas ngelairin lupa cara ngejen! Wal iyyadzubillah..jadinya bingung gitu, padahal kuat…akhirnya di vakum. ^^

    Jadi, intinya banyak2 doa yaa…mudah2an Allah memudahkan.

  3. dewi says:

    aamiin.. iya mba, waktu trisemester kedua kemarin rajin banget senam hamil sendiri. tapi akhir2 ini males lagi *jalan2 aja males ^^*, mungkin karena bawaannya udah berat banget, jadi bikin males2an (padahal nggak boleh ya). nah, keuntungan waterbirth kan melancarkan proses pengeluaran bayinya dan mengurangi nyeri sampai 50%. ana sih, tertariknya bisa melahirkannya tanpa jahitan sama sekali. tapi kalau dasarnya pintar ngejan dan ikut instruksi bidan/dokter, ada juga yang sama sekali nggak pakai jahitan *pingin*. hehe.. belum kebayang sih gimana susahnya persalinan *soalnya kan anak pertama*.
    wah, ana kalu nggak pakai video susah banget mbayangin teknik pernafasannya sih mba. nyari2 di youtube belum ketemu ^^

  4. cizkah says:

    oya toh…mungkin tergantung besar babynya juga ya Wi.
    Waktu Ziyad ana cuma robek dikit bgt alhamdulillah, cuma 1 jaitan atas bwh. Krn bratnya 2,75. Jadinya, abis nglairin alhamdulillah biasa aja. Lsg bangun biasa, pipis etc. Kalo Uus kan Said gede bgt masya Allah 4kg, jaitannya banyak banget. Jadinya gak berdaya.Tapi pas lairin Auf, jaitannya cuma dikit katanya walopun Auf juga gede 3, 7 apa ya.

    Eh tapi kmrn itu Tini robekannya lumayan gede bgt, entah kenapa, pdhl Hasan juga ga gede ya hehe. Dr. Detty katanya sampe heran, baru ngeliat robekan kaya gitu.

  5. dewi says:

    ya itu dia mba.. khawatirnya karena nggak pernah latihan pernafasan untuk melahirkan, jadinya nggak bisa tenang waktu melahirkan dan dapet jahitan banyak *tidak berharap*. pinginnya kan habis melahirkan bisa langsung nggendong baby-nya dan nggak terlalu banyak bikin repot keluarga ^^
    duh.. jadi curhat nih. hehe.. mba siska nurut kali sama bidannya, jadinya robeknya cuma dikit *semoga bisa nurut juga*
    dijahit sama kontraksi sakitan mana sih?? *hehe.. penasaran*

  6. cizkah says:

    Hihi…ana blum pernah cerita ttg proses nglairin Ziyad sih ya di sini.

    Sakitan mana? Jelas sakitan kontraksi heheh, dijaitnya itu gak pake bius loh…*kebayang gak* haha…mudah2an gak tambah khawatir.

    Nah..kontraksi itu kan udah sakit ya wi…yang lebih bikin sakit adl ktk kita harus nahan spy gak ngejen….tapi ini yg penting…kalo blum waktunya kita udah ngejen2, malah gak bagus (penjelasan ilmiahnya monggo di search :D)

    Jadi, kalo udah boleh ngejen tuh lega banget. Oya, pas ngejen juga gak pake suara. Alhamdulillah dlm keadaan udah capek bgt, sempet denger bu Muslimatun bilang “Gak usah pake suara ya.” Gak tau deh ini kenapa hehe…

  7. ummu hamzah says:

    Mau dkt urun rembug ni mb:
    mb dew coba lthn pnpsn perut mba.trs biar nafasnya bs panjang,sjk dini dilatih nfs panj, itu lo mb ‘ditrk dlm,dhmbuskan pln2’, dtambh rjin jalan2.utk lat yg lain mb bs coba kegel.
    Klo djait,y sakit tp kyknya sdkt tlupa krn keinginan kt utk cpt2 liat dn gndong si baby.

  8. cizkah says:

    Hehe…ana barusan baca, sebenernya rajin jalan2 itu sama aja/pengganti senam hamil ^^ *gak ngesave linknya*.

    Insya Allah yg kedua ini ana pengen IMD galuh, jadi insya Allah emang bakal lsg nempel sama baby kan…Galuh nyari yg bisa IMD gak? Pas ziyad dulu kan gak IMD…Alhamdulillah di Sakina udah dukung ini.

    Kata bu Gayatri “Ngelmu baru” hihi…kan kita bilang, kok pas Ziyad dulu gak IMD ya bu. Bu Gayatrinya bilang, dulu emang blum…(pdhl dr dulu ada kali ya…)

Leave a Reply