Soundbook Hijaiyah dan Soundbook Alphabet (The Story)

Soundbook Montessori

Lanjutan postingan kemarin. Jadi, aku kepikiran, dari ide dasar soundbook alphabet montessori itu, kenapa gak dibikin juga versi hijaiyah. Bersemangatlah bikin. Karena mikir mesti ada sesuatu yang beda dan harusnya itu bikin produk ini bisa lebih baik dari yang ada, maka tercetuslah ide untuk menambahkan ilustrasi untuk setiap huruf.  Prosesnya cukup panjang karena mesti gambar satu persatu manual  (gak cuma foto kaya pas Buku Mini Hijaiyah).

Sambil proses gitu, bikin juga lah yang alphabet. Kayanya di Indonesia juga belum ada yang bikin.

Alhamdulillah, akhirnya datang harinya semuanya selesai, dalam arti sudah aku setting juga dalam bentuk buku (paket software Adobe Indesign). Ke percetakan. Ini dia hasilnya.

Soundbook Hijaiyah

Ide dasar dan penerapannya dibuat sama dengan metode montessori untuk versi alphabet. Aku pilih font arabic yang juga mudah untuk dilalui oleh jari, ambil jenis font yang sans-serif. Bisa dilihat di contoh isinya.

soundbook-hijaiyah1
Cover Soundbook Hijaiyah. Karena masih test aja, finishingnya aku kerjain sendiri. Kelihatan ada benang kan di situ hehe.
Contoh isinya...
Contoh isinya…

 

 

contoh untuk huruf jim
contoh untuk huruf jim

 

Soundbook Alphabet

Memilih prinsip yang sama, yaitu font yang simpel dan mudah diingat anak in sya Allah.

Cover soundbook alphabet
Cover soundbook alphabet
Untuk huruf vokal semacam a-i-u-e-o, background warna pink
Untuk huruf vokal semacam a-i-u-e-o, background warna pink
Untuk huruf konsonan, background biru.
Untuk huruf konsonan, background biru.

 

Tertarik?

Alhamdulillah kalau tertarik. Hehe. Nah..yang bikin mellow pas abis nyetak itu adalah, setelah dihitung total keseluruhan, ongkos produksi untuk satu buku ini cukup besar. Bahkan paling besar dari semua produk yang aku bikin. Bahkan lebih besar lagi dari ongkos produksi Buku Mini Hijaiyah. Bahan kertas dalam buku ini memang bukan kertas HVS biasa. Tapi kertas jenis lebih tebal dan yang model agak mengkilap gitu.

Buku Montessori yang jadi inspirasi  harganya kalo dirupiahin sebenernya lebih parah lagi, mahalnya gak ketulungan. $20 coba!

Jadi…kemarin ragu untuk lepas buku ini dengan harga berapa. Kasihan kalo kemahalan, etc etc. Kemudian di sisi lain, buku ini udah siap in sya Allah, siapa tahu memang ada yang tertarik dengan metode ini untuk mengajarkan anaknya. Ada juga teman di instagram (yang juga pembeli setia produk cizkah hehe, makasih mba azka) yang nawari untuk ngajuin ke penerbi Pro U Media. Aku sih udah ngeiyain. Tapi blum tahu kelanjutannya.

Pingin jual di etsy juga in sya Allah, tapi ngumpulin modal dulu in sya Allah..

Kesimpulan Akhir

In sya ALlah mempertimbangkan buku ini memang masih terbatas dan termasuk jenis homemade kaya produk-produk yang dijual di Etsy (jadi wajar kalo lebih mahal :D, sama lah kaya produk baju, jaket, celana yang dijual di distro2). Aku putuskan melepas buku soundbook alphabet  dengan harga Rp Rp 55.000 + untuk soundbook Hijaiyyah harganya Rp 57.000 ya, karena jumlah halaman lebih banyak, ongkos produksinya nambah.

Kalo ada yang tertarik keagenan, mohon maaf, untuk produk ini gak bisa kasih diskon banyak-banyak seperti produk lainnya. Kecuali target pasar Anda luar negeri, silakan dibuat harga baru.

 

 

Alert: Soundbook ini bukanlah buku yang mengeluarkan suara. Coba dilihat lagi postingan “Tahukah Anda tentang Sandpaper-latter dan Soundbook?”.

 

 

3 Comment

  1. ummufaqih says:

    assalamu’alaikum,,mbk .salam kenal. Namaku mira,kunyahnya Ummu faqih.diriku adlah sillent reader setia blog ini. lw menurutku
    hrga sgtu g mahal kok mbk. .nma nya jg handmade,Dlu bli softbook utk faqih anakku, hrg softbook y jg sgtu. .karna tgl dpelosok, ongkir y lbih mahal dr brg y. . .tp krna suka jd tetap d blikan. .sbnarnya naksir jg sma produk mbk. .cma brat d ongkir.

  2. cizkah says:

    wa’alaikumussalam warahmatullah…
    salam kenaal…ah…masya Allah..
    alhamdulillah kalo pada ngerasa itu wajar…aku kasianan soalnya..pinginnya buku ini bisa lebih murah lagi bisa bermanfaat hehe.
    mba mira emang tinggal dimana?

  3. […] Soundbook Hijaiyah dan Soundbook Alphabet (The Story) (Sep 1, 2013) Lanjutan postingan kemarin. Jadi, aku kepikiran, dari ide dasar soundbook alphabet montessori itu, kenapa gak dibikin juga versi hijaiyah. Bersemangatlah bikin. Karena mikir mesti ada sesuatu … […]

Leave a Reply