Toilet Training Thoriq Versi Siang

Baru 7 hari sih Thoriq menjalani proses toilet training. Tapi karena berkesan mo aku catat keburu terlupakan dengan kesan-kesan lain di hari mendatang insyaAllah.

Usia Thoriq 17 bulan (atau hampir 1,5 tahun). Dulu Ziyad toilet training usianya pas 1,5 tahun.  Alasan aku toilet training di usia ini karena pernah baca tabloid Nakita lama, berdasar hasil penelitian, toilet training yang dilakukan lebih dini malah memakan waktu lebih lama. Dan yang aku ingat, waktu baca kisaran yang disarankan, aku catat dalam hati, “InsyaAllah mau toilet training umur 1,5 tahun.” Alhamdulillah setelah 3 bulan proses toilet training, Ziyad lepas total dari diaper dan hampir gak pernah ngompol lagi siang malam.

Oh ya, sebenarnya kemarin pas umur 1 tahun sempat nyoba mo nge-toilet training. Tapi mental aku belum kuat, dan ternyata sepertinya Thoriq juga belum siap. Jadinya aku pending aja waktu itu.

Hari #1

Biasa deh yang namanya baru mulai. Terasa beraaaaaaaaaat sekali. Satu hari itu gak ada yang berhasil membuat dia pipis di KM. Ritme pipisnya juga random banget. Gak bisa diajak 1 jam sekali. Kadang 20 menit udah pipis, 30 menit, 40 menit, 50 menit. Jadinya lagi mikir-mikir mau ngajak ke kamar mandi, udah keduluan dia pipis.

Hari pertama ini, sempat aku pakein clodi. Tapi ya itu, malahan jadi tambah gak ketahuan ritmenya. Karena pipisnya masih sedikit-sedikit tapi sering. Sempat pup juga. Alhamdulillah pas pake clodi. Belum siap mental kalo hari pertama ini langsung menghadapi pup yang berceceran :D.  Berdoaaa banget sama Allah untuk memudahkan proses toilet training ini.

Hari #2

Masih belum berhasil diajak pipis di kamar mandi. Yang ada malah jadi main air. Alhamdulillah sekitar jam 14 atau 15 an, di pipisnya yang ke -6 atau 7 bablas di dekat pintu keluar dari ruang kerjaku. Thoriq terburu-buru menghampiri aku yang berada tak jauh dari situ.

“Kenapa? Pipis ya? Di mana pipisnya?” Asal aja sih nanya. Eh ternyata dia balik lagi ke tempat pipisnya nunjukin ke aku. Lucu yaaaa masya Allah. Kalo gak salah hari ke-2 ini berhasil 1 kali pipis di kamar mandi dan aku puji-puji banget deh pokoknya. Dia juga seneng banget.

Hari #3

Capeeekkk banget. Hehe. Soalnya bolak-balik kamar mandinya SERING banget. Ceritanya, Thoriq sepertinya udah gak ngebablasin terus pipisnya. Jadi gak serandom dan sesering pas hari pertama. Dia sudah mulai sadar pipis. Nah, pas dia belum “bocor” sampai 1 jam, tapi juga gak pipis-pipis pas aku ajak ke kamar mandi, aku NIAT banget jangan sampai dia bocor. Kesempatan melatih dia mengeluarkan pipisnya. Dan alasan-alasan lainnya.

Jadinya, setelah 1 jam gak pipis itu, tiap 5-10 menit aku ajak ke kamar mandi. Sampeeee 1 jaman apa yah. Hitung aja berapa kali bolak-baliknya :D. Alhamdulillah akhirnya berhasil pipis di kamar mandi. Yeaaaa….!!!

Menakjubkannya lagi, pas sekitar jam 19-an malam, aku pakein diaper. Eh eh…pas jam 20-an, dia merengek-rengek, meluk aku erat minta di gendong. Di nenenin gak mau. “Mau pipis ya?” aku tanya. Terus aku buka diapernya. Aku ajak ke kamar mandi. Dan ternyata dia beneran pipis saudara-saudara!!!!

Ini berharga sekaliiii. Berarti dia sudah mulai bisa merasakan “rasa” mau pipis, dan bisa mempertahankan pipisnya itu sampai di kamar mandi! Masya Allah, di hari ke-3! Walaupun hari ini cuma berhasil 2 kali pipis di kamar mandi, rasanya bahagiaaa banget setelah kejadian terakhir itu. Thoriqnya juga seneeeeng banget setiap berhasil pipis di kamar mandi :D.

Hari #4

Ini keren lagi masyaAllah. Thoriq bangun jam 6an pagi. Langsung aja aku ajak pipis di kamar mandi. Abis itu siap-siapin Ziyad mau sekolah. Thoriq juga mandi sekalian. Karena mau ngantar Ziyad, aku pakein diaper. Berangkat jam 8. Sampe rumah lagi, jam 9 kalo gak salah. Aku ajak ke warung sayur bu Jum. Abis itu baru aku lepas diapernya. Ternyata dia belum pipiiiisss. Langsung aja aku ajak ke kamar mandi, dan dia beneran mulai bisa “mengendalikan” pipisnya supaya keluar. Alhamdulillah. Alhamdulillah.

Dan setelah itu, sampai jam 14.00, Thoriq cuma bocor 1x. Sempat juga dia “kode”, ternyata mau pup. Hihiy…berhasil juga pup di WC. Masih setengah jongkok. Pantatnya aku pegangin, sambil membuka lubangnya, supaya lebih mulus jalan pupnya *susyaaah deh ndeskripsiinnya*. Kapan-kapan difotoin insyaALlah posisinya :D.

Total bocor hari ini 4x. Ditutup dia ngompol di kasur banyaaakk banget haha. Soalnya dia bangun tidur aku ajak pipis di kamar mandi masih belum mau. Akhirnya nenen dulu. Terus santai-santai kelupaan ngajak dia pipis. Dia juga udah kebelet kali ya.

Hari #5

Sampai jam 17-an, Thoriq cuma bocor 2x. MasyaAllah. Gak nyangka, terasa mudahnya jauh lebih cepat. Serasa udah ngelatih sebulan :D. Mudah-mudahan lancar terus.

Hari #6

Ini agak terganggu, soalnya weekend dan kita keluar-keluar rumah. Jadinya pake diaper. Tapi ternyata dia juga tetep gak pipis loh di diapernya. Padahal perginya 1,5 jaman. Dia udah bisa ngasih kode dia pingin pipis. Kaya orang kebelet gitu, dia ngerengek-rengek.

Hari #7

Ganti diaper jam 2 malam. Pas hari ini bangun jam 8-an, aku langsung buka diapernya. Ternyata belum pipis. MasyaAllah alhamdulillah. Aku langsung ajak ke kamar mandi, dan dia pipis. Oh senangnya…alhamdulillah.

Masih belum bisa ngasih kode yang tepat untuk pup :D> Gelisah sana sini. Di ajak pipis, dia udah ngeliatin ekspresi ke dzakarnya seakan-akan berkata,  “Hey…keluar kamu pipis.” Gak keluar-keluar juga. Diajak keluar kamar mandi, gelisah lagi. “Mau pup ya?” Aku ajakin berdiri di WC gak mau, malah mau main air. Terus aku mau pakein diaper (udah malam). Eh…dia sedikit ngejen-ngejen…ternyata pup :D. Langsung aku bawa cepet-cepet ke kamar mandi.

Mudah-mudahan nanti pas toilet training versi malam hari juga dimudahkan insyaALlah. Mudah-mudahan pas mudik (kalau jadi), udah lepas diaper. Aaamiiin.

 

4 Comment

  1. wes…hebat thoriq. ahmad toilet trainingnya telat banget, umur 3 tahunan kayaknya. habis dia sembuh kawasaki baru dilatih lg. moga2 kalo nanti punya anak lg ga membuat kesalahan yg ke-2 kali

  2. cizkah says:

    hehe….mudah2an lancar terus dan lepas beneran ya mba..
    aamiin….mudah2an ahmad punya adik lagi sehat-sehat panjang umur dalam ketaatan

  3. inget toilet trainingnya Nafisah, perjalanan yang amat panjang.

  4. ashima juga masih perjuangan mba. hehe.. ternyata cape juga yah.. esp bolak-balik toiletnya. tapi utk pup kok susah… banget diajak ke kamar mandinya ya? udah kebelet tapi kalau didudukin di toilet langsung nggak mau pup lagi ^^

Leave a Reply