Rekomendasi Optik Kacamata Murah Jogja

Sekitar 9 tahun yang lalu…pas masih kuliah..pernah periksa mata.
Hasilnya waktu itu si katanya -0,25. Periksanya masih tradisional banget. Tapi berhubung waktu itu pusing-pusing, akhirnya dibelilah kacamata – pake uang kakak -. Warna pink. Bahannya ringaan banget sampe kaya gak pake kacamata. Tapi kemudian nikah, rusak, udah beset-beset. Ganti kacamata, terus pecah karena pakai bahan yang kaca. Abis itu gak pernah pakai kacamata lagi. Pernah periksa di optik lagi malah dibilang normal. Katanya kalau pusing kemungkinan cuma butuh vitamin aja. Okay…so life goes on hehe.

Terus pas akhir bulan puasa kemarin, aku ngerasanya mata nih beda. Pusing. Pas sekalinya ke swalayan – maklum..setengah tahunan ini ke swalayan bisa dihitung jari -, mata nyureng-nyureng tambah pusing gak enak. Bilang ke abang, ya gitu. Masih gak yakin kalau karena minus hehe. Akhirnya pas jalan bareng mertua, sempet-sempetin ke optik. Sedapatnya optik. Mumpung lagi di luar. Waktu itu dapatnya optik yang cukup terkenal. Diperiksa pakai komputer.

Oo…hasilnya yang kanan  -0.75 yang kiri -0.25. Jomplang. Pantesan aneh. Pas lagi disuruh ngeliat objek di alatnya itu, yang kanan emang gak bisa-bisa tuh mata fokus. Blur aja terus. Yang kiri sih masih bisa fokus.

Terus beli kacamata? Nggak. Mepet. Udah maghrib.

Terus hari-hari berikutnya ragu-ragu. Beli kacamata gak ya. Beli kacamata gak ya. Kan mahal juga tu kacamata. Pas di optik yang terkenal itu, sempat lihat framenya aja 400an ribu. Ada yang 1 juta malah. Konsultasi ke Avie. Aku bilang, kalau bisa gak pake sih ya gak usah pakai aja pinginnya hehe. Avie bilang, kata dosennya yang ahli…apa ya kemarin dibilang…pokoknya kalau jarak minusnya jauh malah disaranin pakai kacamata. Karena mata yang minusnya kecil nanti bakal cepet nyusul minus kalo gak dipakaikan kacamata.

Ah…ok. Diskusi sama abang. Beli ga ya…Oh ya, aku belum sempat-sempat cerita masalah transportasi ya di blog ini. Butuh perjuangan banget nih buat keluar. Ceritanya terlalu berliku-liku sampai akhirnya kami berhasil keluar agak lama.

Intinya kami udah pernah nyari ke optik murah yang kami baca dari internet. Gak ketemu tempatnya. Ketika kali kedua kami coba cari katamata, kami ke jalan Gejayan. Ke optik yang kirain bisa dapat kacamata murah. Ternyata mahal juga. Untuk frame 400 ribu. Belum lensanya sekitar 250 ribu. Mikir banget deh mo keluarin uang hampir 1 juta cuma buat kacamata. Di toko ini udah mulai merasa mendapat pandangan yang…yah begitu deh dari penjaganya.

Nyoba ke optik yang cukup terkenal yang di awal cerita. Coba celingukan lagi dengan display kacamata. Ada pilihan display frame yang murah (180 – 300 cuma frame aja ya), tapi hampir semuanya cocoknya untuk cowok. Dan disinilah aku merasa mendapat perlakuan yang bikin hati sedih.Waktu itu ada satu penjaga yang melayani kami. Dia jelaskan yang kita tanya tentang frame yang di salah satu sudut. Terus akhirnya aku tanya, “Kalau yang paling murah berapa ya kira-kira totalnya?” Terus si penjaga bilang mau cari tahu dulu. Tapi pas aku lagi lihat-lihat ke display frame yang di sudut lain -maksudnya sambil nunggu dilihatin harganya-, aku lihat dari kejauahn, si penjaga lagi duduk-duduk aja. :(. Ko gitu sih.

Akhirnya aku tanya ke penjaga lainnya, tentang lensa photogray. Harganya dll. Oh pokoknya totalnya lebih parah lagi dari yang pertama. Apalagi kalau mau pakai photogray. Padahal aku berharapnya bisa pakai photogray karena sering di depan laptop kan.

Akhirnya kami keluar dari optik terkenal itu. Terus aku mulai diam aja di atas motor. Tapi abang tahu aku. Terus beliau bilang, “Kita cari sekali lagi pelan-pelan optik yang kemarin ya.” Maksudnya yang murah tapi insyaAllah tetap bagus.

Optik yang kami maksud itu, sepengetahuan kami berada di seberang kampus UNY (kampuskuuu…). Tepatnya di jalan Colombo. Memang di sisi kiri sepanjang jalan itu ada lapak-lapak kacamata. Abang pelan-pelan banget nyusuri jalan itu.

Alhamdulillah ketemu! Kalau sudah ketemu lapak yang pertama (paling barat), itu adalah lapak dari optik yang aku cari. Nama optiknya (atau lebih cocok kalau dibilang  bengkel jualan kacamatanya) Laris’o, di seberang lapak-lapak kacamata itu.

Memang gak kelihatan meyakinkan dari luar. Tapi aku insyaAllah gak nyesel beli kacamata disitu. 

Mas penjaganya cuek dalam arti gak jutek dan gak melecehkan. Biasa aja. Kita datang, dia langsung ambilin kacamata yang aku langsung cocok banget sama kacamata itu. Coba-coba yang lain. Akhirnya abang juga “klik” sama kacamata yang pertama. Harganya berapa? Cuma 120.000 udah sama lensa. Terus tanya-tanya tentang photogray, lensa UV. Dibilang kalau bahan kaca sekitar 120.000…kalau bahan mika 250an. Dia saranin  yang mika, karena sekalian apaaaa gitu gak inget aku.

Berhubung punya pengalaman dengan kacamata kedua yang pecah, abang saranin yang mika aja.

Akhirnya ditotal “cuma” Rp 300.000. Alhamdulillaah…berarti framenya cuma 50 ribu kaaan.

Dan ini dia kacamata itu. Alhamdulillah.

kacamata-murah-jogja

Mudah-mudahan si mas dapat hidayah taufik. Usahanya berkah. Aaamiin!

*photogray: kacanya jadi gelap kalau kena sinar
* sebenarnya kemarin udah fotoin penampakan tokonya dari seberang jalan biar teman-teman lain yang membutuhkan bisa cepat ketemu tempatnya. Tapi qodarullah foto-fotonya hilang barengan sama foto kegiatan playdate ke tamanpintar kemarin.
* kalau mau benerin lensa kacamata juga bisa langsung ke sana insyaAllah.

 

 

30 Comment

  1. Ali says:

    bagus gak kak kacamatanya? aku juga lagi bingung cari optic, kacamataku baru hilang soalnya :(

  2. cizkah says:

    @ali bagus ko insyaAllah.
    semoga digantikan Allah dengan kacamata yang lebih baik ya..

  3. Ali says:

    iya aamiin… berat juga soalnya tanpa kacamata :D

  4. idham says:

    Wah makasih ya, aku mau ksitu deh soalny optik ini jga direkomendasikn olh blog sblah. Aku kerjaan dpn kompi trus, ini mata klo sore dah kabur

  5. Ardi says:

    optic ny yang deket nasgor y kalo malem? :D

  6. wahyu says:

    bisa skalian cek mata jga gak tuh d optiknya?

  7. cizkah says:

    @wahyu bisa ko…ada untuk cek manualnya juga

  8. wahyu says:

    okedeh makasih infonya :D

  9. isnan says:

    ada kacamata polarized ga dstu?

  10. isnan says:

    ada polarized ga?

  11. cizkah says:

    @isnan kurang tahu ya…
    kacamata polarized tu apa ya?

  12. karin says:

    Ka cizkah bs mnta detaik toko optiknya biar gampang nemuinnya ntr pas nyari, soalnya kcmtaku bru patah mau cri frame bru lg.. makasih sblmnya kakka

  13. cizkah says:

    kurang jelas ya yang di blog…
    di sebelah kanan jalan…dekeet banget sama indomaret yang baru yang banyak jual minuman dan makanan jus dll itu

  14. fiqih says:

    Indomaret yg gede deket perempatan gor uny bukan?

  15. sano says:

    Wah, mkasih banget Infonya. Aku sedang butuh ganti kacamata. Thanks udah nulis artikel ini, smoga dimudahkan dlm segalanya karena udah memberi jalan mudah ke org lain.
    Regards

  16. cizkah says:

    iya itu

  17. dea says:

    Berarti yang deretan indomart poin ya mbk/mas?
    Kalo sekalian periksa mata ada biaya tambahan gak mbk/mas?

  18. cizkah says:

    iya…deket banget.
    engga, periksa biasanya gratis in sya Allah.

  19. Laris'o kacamata says:

    Trima kasih banyak mbak/mas cizkah atas rekomendasinya dan kepercayaannya serta doanya. Begitu juga kami mendoakan cizkah smoga selalu dimudahkan sgala urusannya oleh Alloh SWT,Amin. Untuk yg membutuhkan kacamata/lensa InshaAlloh kami siap membantu. Cp 081804257367. Pin bb 7fbe352c.

  20. priLa says:

    mb toko optiknya dr indomaret point jln colombo kmn??

  21. larisso kacamata says:

    Assalamualaikum… sekedar info lokasi larisso kacamata depan UNY jl colombo sebelah barat fotocopy sahara. New pin bb 5957C3FF no telp masih yg lama 081804257367. Trims

  22. arifanda says:

    Kak mau tanya apa optik itu bisa pesen buatkan kcmata sesuai yg kita inginkan?

  23. cizkah says:

    coba kontak aja nomor yang di atas. Yang komen di atas sepertinya yang punya Lariso ^^

  24. Naphee' says:

    Masih awet mbak kacamatanya sampe sekarang? pernah ada keluhan ga sama kacamatanya? Kayaknya dari reviewnya di sini bagus, jadi pengen nyoba ke sana. kacamata saya pecah udah dari lama bgt padahal, blom sempet2 buat beli lagi.

  25. cizkah says:

    @Naphee alhamdulillah masihh…gak patah2 atau oglek.
    Kemarin emang sempet patah tapi karena dipatahin sama anak saya hehe.
    Terus ke sana, cuma ganti framenya aja (dengan bentuk yang sama), cuma bayar 60 ribu. Seneng banget masya Allah.

  26. Fajar says:

    Puas dengan pelayanan nya and barang nya murah tp kualitas ga murahan… Topppp. Thx Larisso kacamata

  27. Laris'so kacamata says:

    Untuk sekarang yg mau tanya masalah kacamata di larisso kacamata yogyakarta. Hubungi via WA 081804257367. Trims.

  28. Laris'so kacamata says:

    sekedar info ..sedia lensa blue control. fungsi untuk menangkal radiasi sinar biru pada sinar matahari dan monitor komputer.

  29. bagasatya says:

    Follow instagram larisso kacamata
    @larissokacamata_official
    Trims

  30. Rahmat says:

    Barusan aku beli kacamata di laris’so. Semoga tambah berkah tokonya. Makasih buat artikelnya. :)

Leave a Reply