Tutorial Belajar Web Design

Terkadang ada orang-orang yang nanya-nanya tentang web design. Kadang jawabannya sebenarnya sama aja. Dan kalo jelasin yang beginian di SMS atau whatsapp lumayan bisa keriting tangan hihi. Jadi biasanya jawab umum, mudah-mudahan bisa bikin tutorial web design di blog. And here it is.

Mesti belajar apa aja?

1. HTML & CSS

Ini penting banget. Web itu ya isinya html sama CSS. Basicnya itu. Zaman dulu sih gak pake CSS. Pakainya table. Kebayangkan grid-grid table dibikin website. Biasanya dulu ada namanya ngeslice mockup, biar nanti bisa tersusun dalam table-table gitu…Err…kayanya gak kebayang ya hihi. Ya sudah, kita langsung bahas HTML sama CSS aja.

HTML dan CSS, kalo mo belajar dari basic secara terstruktur aku saranin bisa belajar dari website htmldog.com

Pas belajar jangan cuma dibaca. Tapi mesti di-PRAKTEK-in. Jadi misal disuruh bikin kode:

<html>
<head>
<title>Kasih title halaman </title>
</head>
<body>
Ini html pertama saya...
</body>
</html>

Yah dibikin langsung. Ikutin tahapan yang ada di sana. Jadi selesaikan belajar HTML dulu, baru kemudian melangkah ke CSS.

Kalau zaman dulu, booming pake software-software web design WYSWYG (What You See is What You Get). Mungkin kalau mau pakai software ini sekarang-sekarang juga gpp. Tapi tetap harus kuasai basicnya. HTML dan CSS ini. Kalau aku, ceritanya dulu punya komputer yang superduper mepet RAM-nya.  Nah, software web design semacam Dreamweaver itu berat banget. Alhamdulillah jadinya malah ngebiasain coding langsung. Pakai notepad aja bisa ko. Makin sering praktek makin hafal in sya Allah.

Kalau masih lupa-lupa (aku juga masih lupa-lupa ko hehe), bisa search di w3schools.

2. Belajar Bahasa Pemograman?

Yang ini kulit-kulitnya gpp  kalau mau pelajarin hehe. Tapi gak tau mesti rekomendasiin ke website apa atau belajar bahasa apa. Tapi kalau mo skip juga gpp. Optional aja.

Dulu sekali, sebelum belajar dunia web design malah belajar pemograman duluan. Belajar Access…ya cuma kulit-kulitnya juga hihi. Sempat mo visual basic. Terus ngerasa kayanya bukan passionku banget. Gak nyandak juga otaknya buat dipake ngoding2 gitu.

3. Belajar WordPress

Karena sebagian besar website sekarang ini pake wordpress, gak ada ruginya melajarin wordpress. Yang mesti dipelajari ini bukan dari sisi dashboard, semisal mesti posting dari mana, approve komentar kaya gimana. Bukan yang kaya gitu :D. Tapi dari segi back-end tampilannya. Bisa dipelajari di codex.wordpress.org

Cara praktek ngembangin kemampuannya

Jadi setelah bisa html, css. Terus coba bikin satu design tampilan halaman depan dan single page. Coba dijadiin wordpress theme.

Biar lebih mudah, coba download yang gratisan, terus lihat isinya. Lihat alurnya, looping kode untuk postingan yang mana. Milahin biar jadi header, footer, komentar dst.

Eh..tapi kalo udah mo praktek nerapin bikin wordpress theme, melihat hasilnya itu mesti ada semacam server lokal di komputer kita. Untuk windows, dulu biasanya aku pake XAMPP. Kalo sekarang di mac aku pakenya MAMP. Untuk cara intall XAMPP ini insya Allah banyak tutorialnya. Coba search dengan kata “Cara install XAMPP”.

Kalau sudah terinstall XAMPP-nya, silakan diinstall dulu engine wordpressnya. (Silakan download di wordpress.org)

Nanti file-file php (untuk theme wordpress) itu kita taruh di htdocs.

Maaf kalau penjelasan tentang wordpressnya masih kurang jelas bilang aja ya. Sepertinya memang butuh postingan lain lagi. Tapi ini juga udah banyak di web mungkin. Bisa dicari “Cara install wordpress di localhost.”

In sya Allah bersambung…

Leave a Reply