Resep Carrot Cake (Kue Wortel)

Sebenarnya, urutan ceritanya gak langsung ke kue ini. Setiap hal ada sebab. Sebab yang dianggap sebab pertama sampai akhirnya jadi bikin kue wortel sebenarnya adalah akibat dari sebab lainnya lagi. Semuanya connected. Tapi mau merangkai dari awal untuk sampai ke resep ini kok khawatir malah akhirnya gak ketulis resep ini seperti yang sudah-sudah.

carrot cake cizkah

Padahal kalau yang namanya resep, biasanya aku suka paduin dengan resep lainnya. Atau seperti kue wortel ini, karena udah sering bikin, akhirnya tahu gimana yang pasnya untuk keluarga kami. Jadinya, kalau udah lama gak bikin, kemungkinan bakal lupa. Ketika pingin bikin lagi, kadang jadi nervous seperti saat baru pertama bikin; karena kalau diingat-ingat biasanya ada modifikasinya.

So here we go.  Resep ini dari resep carrot cake Tintin Rayner.

Bahan Carrot Cake (Kue Wortel)

  • 150 g Mentega/butter
    • Catatan: aku pernah pake campuran butter + margarin, pernah juga pakai full margarin. Alhamdulillah enak-enak aja, karena memang tujuannya bikin kue yang ngenyangin. Kalau harum, jelas lebih harum kalau pakai butter ^^.
  • 50 gr Gula Pasir butir halus
    Catatan: aku pernah pakai gula pasir, pernah juga pakai gula halus hehe, lebih seringnya pakai gula halus.
  • 75 g Gula Palem
    • Catatan: pas pertama kali bikin, adanya brown sugar dan takarannya kurang, akhirnya pakai gula merah. Insya Allah ok-ok aja ya. Kecuali memang pingin rasanya perfect :D.
  • 175 g Tepung terigu kunci/segitiga
  • 3 btr Telur
  • 1 sdt baking powder
    • Catatan: Di resep asli 1 sdm. Alamat bakal kerasa bangeet rasa baking powdernya, dan kalau gak tepat juga bakal pahit. Sengaja bagian yang ini langsung aku tulis yang biasa aku pakai)
  • 1 sdt soda kue
  • 1 sdt bumbu spekuk
    • Catatan: Aku biasanya pakai kayu manis bubuk. Bumbu spekuk udah expired dan gak malah gak beli terus pas ke toko bahan kue. Karena aroma spekuk itu sebenarnya ya 11-12 sama kayu manis, – alhamdulillah selalu sedia kayu manis bubuk- , jadi aku pakai kayu manis bubuk.
  • 200 g Wortel parut import (pake parutan keju).
    • Catatan: Aku pakai sisa pulp dari bikin jus dari slow juicer. Jadi bentuknya udah kaya diparut.
  • 150 g Kismis
    • Catatan penting 1:
      Karena kismis itu ada rasa asem manis, jadi kalau kebanyakan anak-anak malah kurang suka. Karena kuenya sendiri sebenarnya sudah cukup manis. Lebih enak lagi kalau kismisnya sedikit tercacah, biar menyatu seperti wortelnya. Tapi aku belum pernah coba. . Kalau engga gitu, suka dipipilin sama si kembar. Padahal kalau dimakan biasa, anak-anak suka.
    • Biasanya aku selalu bikin 3x dari resep. Insya Allah dengan kismis 150gr-200gr udah cukup.
carrot cake cizkah
bantuan krucil

Cara Membuat Kue Wortel:

  1. Campur semua bahan kecuali wortel dan kismis. Kocok semua bahan sampai tercampur, ringan dan mengembang (gak kaya mengembangnya bolu ya, karena ini cake, bukan bolu).
    • Sambil nyiapin loyang diolesin tepung, margarin, minyak 1sdt ratakan.
    • Kalau tahap 1 ini sudah mau selesai, mulai panaskan oven.
  2. Masukkan wortel dan kismis bergantian sampai habis.
    • Karena biasanya bikin kuenya dibantuin krucil, aku aduk-aduk kismis dan wortelnya, dan mereka yang masukkan ke adonan.
  3. Tuang ke dalam loyang. Masukkan ke oven. Tunggu sampai matang tergantung oven masing-masing. Tes tusuk aja untuk mengecek kematangan. Biasanya aku lebih dari 30 menit.
    • Aku udah nyoba ke berbagai ukuran loyang.  Saran aku jangan ke loyang persegi besar ya. Karena ini cake, jadinya kemungkinan bagian tengahnya nanti malah belum matang karena adonan kue ini padat. Aku pakai loyang tinggi 5 dan 10. yang biasa aku bikin untuk brownies atau roti tawar. Hasil teksturnya kalau di loyangb dengan tinggi 5 cm jadi lebih kering
Ditambah topping keju udah cukup insya Allah. Gak over sugar dibanding pakai topping creamcheese yang di resepnya sampai 300gr gula…subhanallaah…

Di resep asli, pakai creamcheese icing di atas kue. Sudah pernah aku coba – karena Thoriq pingin banget nyoba -, tapi malah pada gak suka. Kemanisaaan. Insya Allah udah cukup cake gini aja. Nanti bisa minum campur kopi, teh atau susu.

Kelihatan wortelnya

Resep carrot cake ini bisa dibilang kue klasik dari zaman duluuu banget. Kalau melihat ingredientnya, ketahuan, soalnya pakai kismis, gula palem, kayu manis. Khas makanan yang katanya makanan zaman dulu. Tapi justru aku sama Abang suka banget deh sama model-model gini.

carrot cake cizkah
Karena bikin 3x resep angsung kaya mau tumpah-tumpah. Besoknya langsung pakai wadah lain dan hand mixer aja karena dia gak butuh yang ngembang kaya bolu ;D

Yang aku suka dari bikin cake adalah, dia modelnya ngenyangin banget. Alhamduilllah ditaruh kulkas bisa jadi stok makanan, pengganti roti beli di luar yang sebulanan lebih ini aku gak beli.

Aku sengaja bikin 3x dari resep, karena buat bikin jus wortel sekeluarga ternyata menghabiskan >1/2kg wortel. Jadi sekalian juga bikin 3x lipat dari resep juga, alhamdulillah jadi 3 loyang bisa untuk beberapa kali sesi lapar :D.  Sarapan, sore, malam.

Hari ketiga biasanya udah menipis banget tinggal beberapa potong, dan masih bagus insya Allah. Alhamdulillah belum pernah lebih dari 3 hari dan gak berani juga kalau udah kelamaan hehe.

Bikin cake gini kerasa lebih mudah karena ga mesti nunggu ngembang kaya bolu.

Ga terlalu harus hati-hati gimana sewaktu ngaduk finishingnya juga

Prosesnya termasuk cepat dibanding bikin kue lainnya yang butuh ngembang-ngembang. Terakhir kemarin bikin pizza perlu 3jam sampai jadi totalan prosesnya wew.

Saking ngerasa mudah, udah beberapa kali aku bikin ini pas udah malam. Alhamdulillah bisa jadi buat cemilan pagi hari.

#cizkahbaking #catatanresepcizkah #carrotcake

cizkah
7 Januari 2021

Leave a Reply