Review HP Android (bagian 2) – UPDATED + IMAGE

HP Android

Masih mo nyambung sedikit postingan kemarin tentang hp android. Pengen ngomong, “Bener kan kata aku…”  Soalnya nulis artikel kemarin nada-nadanya rada sok tahu :D, terutama di bagian beda antar jenis hp tuh sekarang di market aplikasinya. Alhamdulillah bener.

Bisa dilihat di postingan terbaru di dailysocial. Gimana Nokia strategi marketingnya pake sebuah aplikasi yang emang sangat sangat sangat digandrungi, yaitu Angry Birds. Jadi, cukup gaet dan tunjukkan bahwa di Nokia seri itu bisa lhoo buat game..berarti kan ada aplikasi2 lain yang menarik lhoo di marketnya. Begitu…jadi sekarang urusan pemasaran HP bukan sekedar tipis, tebel, kecil lebar, qwerty or not, tapi berkaitan dengan fungsi lebih yang ada dari handphone itu sendiri. Dan fungsi lebihnya itu bener-bener gak kepikiran deh sebelumnya. Kaya buat nyecan, buat ngeliat bintang-bintang di langit, buat ngeliat data di barcode atau QR code (sudah tau tentang QR code blum?  Fungsinya mirip barcode, nyimpen data. Kartu nama temen2 di Yufid udah dipasangin QR code, jadi nanti kalo orang tinggal nyecan QR code, data2 yang di situ, semisal nomor hp, alamat, email terbaca otomatis dan bisa disimpan).

Mari kita lanjutkan review teknis dari HP Androidnya. Anggap aja postingan kemarin prolog perkenalan dengan Android ^^.

Eh btw, pada tahu gak asal usul nama Android. Ada lhoo penjelasannya di bukunya Ziyad (buku anak-anak tentang Robot). Kapan-kapan insyaAllah review tentang buku itu deh di ummiummi. Intinya android itu robot canggih yang udah mirip bentuknya kaya manusia.

MP3 Player HP Android Samsung

Kualitasnya? Bagus banget insyaAllah. SUaranya kenceng dan gak cempreng. Besarnya juga cakupannya luas. Kaya sound dari pc di speakerin, tapi ini gak cempreng alhamdulillah. Plus lagi yang jelas gak ngehang hehe.

Keyboard Samsung

Ada fasilitas SWYPE…Apaan tuh? Itu fasilitas kalo kita mo ngetik dengan cara cuma kaya ngelungker2in tangan di huruf yang akan membentuk kalimat yang kita mau tanpa harus pencet2 per huruf.  Tapi kurang tetap kurang nyaman, jadi akhrinya Ya sudah pakai  key board qwerty biasa. Ini pun sebenernya bisa diubah pake keyboard biasa (3×4).

Tombol Menu dan Tekan Lama

Tombol menu ini memegang peranan penting tapi tersembunyi fungsinya. Mungkin kalau baca buku panduannya ngerti, tapi kemarin tumben aku gak baca-baca, jadi sempet bingung juga. Siapa tahu ada yang bingung kaya aku kemarin. Jadi ditulis di sini juga.

Pokoknya, segala macam aktifitas di hp android, tapi gak ada menu berwujud tulisan di layar, itu mesti kita berarti mesti pencet tombol menu ini (tombol sebelah kiri). Atau…bisa jadi berarti kita harus tekan lama di teks/bagian yang kita hendak ubah settingannya. Contohnya:

Add contact di hp android
Tampilan menu muncul untuk add contact (itu muncul ringer volume soalnya kepencet juga pas nge-capture)

Untuk add/edit contact. Setelah pencet menu contact, pencet aja tombol menu. Nanti baru deh muncul menu import/eksport contact, add dll.

Rename folder di hp android
Tekan di bagian yang tertunjuk tanda panah lama nanti muncul rename folder

Atau pas ngeadd folder di home. Kirain foldernya gak bisa direname. Nah…di tekan lama aja toolbar bagian atas dari window folder tsb, Nanti muncul tampilan rename folder. Tapi ini tergantung hpnya juga.

Hemat Pulsa di HP Android?

Nah, masalah pertama yang biasa muncul pas pakai hp android adalah boros pulsaaa. Soalnya kan push emai dsb. Bisa sih dimatiin. Tapi kalau gitu gak ngaruh dong pake hp android. Apalagi kalo gak ngedownload aplikasi apa-apa. Jadi, mau ga mau, menurut aku lebih hemat ambil paket data di layanan telekomunikasi yang tersedia. Kalau aku karena nomornya indosat, ya ambil paket GAUL bulanan. Alhamdulillah dari kemarin diskon, jadi Rp 25.000/bln. Bayangin kalo gak ambil paket ini, 10.000 bisa abis dalam sehari dua hari, apalagi kalo dipakai download aplikasi.

Tadinya agak berat ngambil paket ini. Tapi terus merenung lagi, karena aku banyak banget dapat manfaat dari baca berbagai website dakwah lewat Google Reader yang aku install, jadi anggap aja ini adalah bekal untuk menuntut ilmu. Buat aku…dan buat anak-anak juga. Jadi kepikirnya malah murah alhamdulillah.

Connect Handphone lewat USB

Untuk menghubungkan hp kita ke laptop gak perlu driver apa-apa sebenarnya. Kemarin aku dapat cd untuk install software Kies bawaan samsung. Tapi gak enak. Berat.

USB Connect di hp android
tombol connect di hp

rename-folder-samsung-android

Tinggal pencet aja connect USB lewat hp pas kita udah colokin. Nanti memang gak muncul di layar eksplorer driver tambahan dari handphone kita. Nah, di klik aja My Computer. InsyaAllah kalo udah nyambung, langsung ada tambahan, misalnya Removeable disk (F:). Nah, tinggal di klik deh. Bisa copy atau pindah2in data.

 Screen Capture di Handphone Android

Nah, yang ini juga masih minim infonya di internet. Kalo di iphone, untuk screen capture layar handphone kita kan tinggal pencet tombol tengah sama powernya. Kalo Android gak bisa  (barusan nyoba ternyata bisa euy, mencet tombol home bareng sama tombol power). Screen capture ini semacam print screen di PC/laptop.

Ternyata caranya:

  1. Pencet tombol home lama. Nanti muncul jendela taskbar.
  2. Pencet tombol back (yang sebelah kanan). Tombol homenya jangan dilepas.
  3. Pencet tombol power (di samping kanan atas hp). Ckrek…udah kesimpen nanti otomatis ke gallery.
(3 tahapan ini silakan dicoba kalau cara pencet tombol home dan tombol power berbarengan gak berhasil).
Gambar-gambar yang ada di atas adalah hasil screen capture.

Buat Belajar Bahasa Arab atau lainnya

Nah…karena mudah untuk pindah data dari ke handphone dan laptop. Aku coba pindahin PDF al arobiyah baina yadaik…plus mp3nya ko folder yang sesuai. Jadinya bisa buat belajar. Sambil buka PDFnya, sambil dengerin audionya. Masya ALlah.

tampilan pdf al arobiyah
tampilan pdf al arobiyah

Itu dulu review tambahan kali ini. Tentang aplikasi2 di hp android yang aku rekomendasikan insyaALlah lain waktu.

 

6 Comment

  1. mutianova says:

    Ana masih berusaha belajar hal2 di atas. Berasa gaptek banget he he

  2. cizkah says:

    sama tia…masih utak2…kemaren nyari settingan yang enak buat sms. Soalnya kmrn2 jadi males sms karna salah ketik terus.
    Alhamdulillah diubah jadi samsung keypad, terus disetting2 xt9nya, kalo bener jadi membantu smsnya jadi lebih cepet hehe…

  3. […] hp Samsung Young yang aku punya. Tapi insyaAllah tips-tipsnya bisa berlaku umum secara untuk hp  android (semacam nexian, nexus, samsung, […]

  4. alhamdulillaah.. udah pada pakai andro yah? *masih setia sama nokia ^^*

  5. seru yaa android… sudah bisa nulis arab juga tuh galaxy youngnya, dah gitu aplikasi yg sdh diinstall bs di backup jg, jd klw besok2 hp butuh untuk di reset ke pengaturan pabrik…. kita dah punya file masternya, g usah buang2 quota lagi buat dunlut di market…

    btw boleh donk minta file al arobiyahnya?

    ini komentar kedua ana lho yaa..td dah koment. tapi kayaknya g masuk :)

  6. cizkah says:

    hee…yang mana yang gak masuk mba di?
    sik ya…lagi soo busyy..kayanya ada linknya buat ngedownload hehe…dicariin dulu insyaALlah

Leave a Reply