Bahan Ajar atau Kurikulum Kehidupan Anak Islam

Di antara pertanyaan yang lumayan sering masuk tentang homeschooling adalah,

“Buku apa yang mesti dibaca untuk belajar tentang homeschooling?”

“Ada modul gak untuk mengajarkan anak?”

“Kurikulumnya gimana?”

Secara umum, maka jawabannya adalah sama.

Buku yang harus dibaca banget adalah buku tentang syariat Islam. Buku agama bu ibu. Bukan buku praktek pelajaran anak sekolahan. Kalau kurikulum sekolah insya Allah “mudah” kok. Nanti insya Allah akan kita bahas di artikel praktek kegiatan belajar anak homeschooling usia SD.

Kenapa?

Karena ilmu tentang syariat Islam ini yang sebenarnya dibutuhkan banget ketika mendidik anak-anak untuk menjadi pribadi-pribadi yang sebenarnya orang tua harapkan.

Jadi, “modul” yang dibutuhkan adalah ilmu tentang syari’at Islam. Ilmu ini tentu saja juga ilmu tentang adab dan akhlak. Adab dan akhlak ini, dapat diajarkan kepada anak melalui contoh nyata dari orang tua.

Jadi, sebenarnya kurikulumnya adalah kurikulum kehidupan. Karena nantinya insya Allah dipraktekkan sepanjang waktu dalam kehidupan anak.

Nah, bagaimana kita mau mendidik ke anak kalau kita sendiri ngeblank tentang ini?

Buku agama yang dimaksud bisa dipelajari bertahap. Yang utama berkaitan sama ibadah wajib. Kemudian adab-adab.

Kita perkaya buku lainnya agar kita juga menjalankan akhlak yang baik ke anak-anak, yaitu dengan membaca hadits-hadits bagaimana Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam saat berinteraksi dengan anak-anak atau para pemuda. Bagaimana hasil didikan ini bisa menjadi pribadi-pribadi yang luar biasa.

Tapi… mungkin karena keterbatasan waktu, sumber referensi dan hal-hal lainnya, mungkin ibu-ibu butuh yang bisa langsung bisa dipraktekkan kan ya…

Rencanaya, insya Allah akan ada tulisan yang berkaitan dengan apa aja yang bisa diajarin ke anak selain tulisan #serihomeschooling yang kemarin. Kurikulum Kehidupan Anak Islam (KKAI) ini biar mudah dicarinya kita pakai tag singkat #kkai atau #kkaicizkah insya Allah. Aku namain ini karena sebenarnya hal-hal yang akan disampaikan di sini akan bermanfaat untuk kehidupan anak insya Allah. Utamanya yang terkait dengan syariat Islam ya.

Untuk seri kurikulum kehidupan anak Islam ini insya Allah gak terkhususkan untuk homeschooler. Karena seperti di artikel sebelumnya tentang Mindset Mendidik Anak, homeschooling atau gak homeschooling, orang tua tetap mendidik anak-anak. Apalagi berbagai hal yang akan diajarkan ini sebenarnya adalah hal yang penting untuk diterapkan anak dalam kehidupan di masa mendatang insya Allah.

Biar lebih mudah, insya Allah setiap serinya membahas satu hal yang bisa dilakukan bersama anak. Secara garis besar tentu saja berkaitan dengan pendidikan diniyah untuk anak ya. Tapi bisa diselingi dengan kegiatan lain yang sifatnya umum. Insya Allah.

Semoga Allah mudahkan.

cizkah
Yogyakarta, 12 Dzulqo’dah 1440 H/15 Juli 2019

Leave a Reply