Fokus dan Amanah

Ini salah satu bahan “kurikulum” yang perlu ditekankan ke anak-anak. Di kehidupan sehari-hari. Lewat kegiatan sehari-hari.

Ini bukan sekedar hitung-hitungan.
Atau hafal-hafalan.
Atau sekedar dibaca kemudian bisa jawab soal a, b c atau d.

Ini berkaitan dengan iman.
Ini berkaitan dengan akhlak.

Ini harus dibentuk dari kebiasaan-kebiasaan kecil dari kegiatan-kegiatan kecil sehingga menjadi sebuah hal yang melekat ke diri seseorang.

Seseorang yang beriman.

Fokus dan amanah adalah hal yang sangat berkaitan.

Seseorang yang gak fokus, bisa berimbas ke amanah yang sedang diembannya.

Masih ingat kisah Anas bin Malik radhiallahu ‘anhu? Pembantu Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Sebagai gambaran, Anas ketika diserahkan kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam masih berusia sekitar 10 tahun.

Suatu hari, dia yang masih kecil mendapat amanah dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Tapi – yang namanya masih anak-anak -, di perjalanan Anas sempat teralihkan karena anak-anak lainnya.

Ternyata Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menghampiri dan menanyakan Anas tentang amanah yang telah diembankan kepadanya.

Barulah Anas tersadar dan melanjutkan menjalankan amanahnya.

Kisahnya diceritakan oleh Anas seperti ini,

Anas bin Malik berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah orang yang paling baik akhlaknya, paling lapang dadanya dan paling besar kasih sayangnya.

Suatu hari beliau mengutusku untuk suatu keperluan, aku berangkat, tetapi aku menuju anak-anak yang sedang bermain di pasar dan bukan melaksanakan tugas Rasul, aku ingin bermain bersama mereka, aku tidak pergi menunaikan perintah yang diperintahkan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Beberapa saat setelah berada di tengah-tengah anak-anak itu, aku merasa seseorang berdiri di belakangku dan memegang bajuku. Aku menoleh, ternyata dia adalah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dengan tersenyum, beliau bersabda,

Wahai Unais, apakah kamu telah pergi seperti yang aku perintahkan?

Maka aku pun salah tingkah aku menjawab, “Ya, sekarang aku berangkat wahai Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam.”

 Sumber: https://kisahmuslim.com/2765-sahabat-anas-bin-malik.html

Ini kalau masih kecil, mungkin masih terlihat ringan dan termaafkan. Coba dibayangkan di kehidupan dewasa di sekitar kita. Bagaimana jika orang gak fokus kemudian jadi tidak menjalankan amanahnya.

Efeknya bisa sangat besar. Bahkan bisa merugikan dirinya sendiri atau orang lain atau lingkungan dengan skala besar. Na’udzu billah min dzalik.

Jadi, mari mulai tanamkan ke anak-anak untuk fokus dan amanah.

Semoga Allah mudahkan kita sendiri sebagai orang tua menjadi orang yang fokus dan amanah. (@cizkah | cizkah.com)

#kurikulumkehidupananakislam
#kkai_cizkah

cizkah
1 Desember 2019

Leave a Reply