Resep Kue Ku Tanpa Cetakan

Alhamdulillah, terwujud juga bikin Kue Ku. Mikir-mikir, gak harus pakai cetakan juga insya Allah. Seperti kalau bikin kue Boyo, ternyata sebenarnya itu bentuk lain dari kue Putri Mandi, Bugis Mandi atau bahkan Badak Mandi. Cuma beda bentuk aja, tapi sebenarnya isi dan sekitarnya sama.

Ya udah, eksekusi. Alhamdulillah emang udah stok kacang ijo kupas entah dari berapa bulan yang lalu. Aku taruh kulkas biar gak berkutu. Karena memang niat bikin kue tradisional berbahan dasar ini. Yang terwujud ternyata kue Ku dan berlanjut kue Onde-onde juga alhamdulillah.

Ini gabungan 3 resep. Tapi aku gak usah ceritain proses liku-liku menyatukan semua resep ini ya hehe. Intinya, aku sampai di kesimpulan biar adonan kulitnnya gak over sugar. Karena di adonan isi juga udah ada gula.

kue ku tanpa cetakan
kue ku tanpa cetakan

Catatan Penting:

Ada satu kesalahan yang aku lakukan dua kali. Terasa perbedaannya, karena di pembuatan kedua dan ketiga dilakukan di hari yang sama. Pembuatan kedua, adonannya sempat masuk kulkas. Waktu proses pembuatan pertama kali, aku sempat masukin adonan ke kulkas juga. Pokoknya ini jangan dilakukan ya. Ini bukan tipe adonan yang kalau disimpan di kulkas tambah oke atau baik-baik aja. Adonannya malah jadi sulit dibentuk, mudah pecah. Ketika matang, kue juga jadi lebih mudah keras. Adonan yang GAK masuk kulkas, keesokan harinya masih tetap lembut insya Allah.

Jadi, pecah gak pecah kemarin bukan berkaitan karena pakai cetakan/engga. Tapi lebih karena kesalahan karena aku masukkan adonan yang belum dibentuk ke kulkas.

kue ku tanpa cetakan
kue ku tanpa cetakan

Bahan Isi Kue Ku:

  • 150 gr kacang hijau isi
  • 150 gr gula pasir
  • 1/4 sdt garam
  • 1/4 sdt vanili bubuk

Bahan Kulit kue ku

  • Tepung ketan 250 gr
  • 1 sdt gula pasir
  • 1/4 sdt garam
  • 250 ml santan hangat dari 1/2 butir kelapa
    • Aku rebus air sekitar 200 ml (tidak sampai mendidih), kemudian campur dengan kara kecil isi 60 ml.
  • 6 tetes warna merah
  • minyak untuk mengoles

Cara Membuat Kue Ku Tanpa Cetakan:

  • Isi: kukus kacang hijau kupas sampai matang (± 20 menit). Angkat. Blender bersama gula, garam, vanili bubuk.
    • Ternyata, bagian yang cukup berat untuk membuat kue tradisional, sebenarnya di bagian membuat isi. Jadi, kalau sudah stok membuat isi, insya Allah pembuatan selanjutnya terasa sangat lebih mudah. Asal jangan terlalu banyak aja stoknya. Karena khawatir kalau yang namanya kacang hijau ini tetap saja mudah berjamur/basi.
  • Kulit: Campur tepung ketan 250 ml, gula 1 sdt, garam ¼ sdt, vanili bubuk ¼ sdt. Tuang air santan hangat yang sudah diberi pewarna, sedikit demi sedikit. Uleni sampai adonan dapat dipulung. Kalau adonan sudah cukup lemas ,tidak perlu menuang seluruh santan.
  • Bagi adonan menjadi sekitar 13-15 bagian. Isi dengan bahan isi.
  • Ketika membentuk dengan tangan, tidak perlu terlalu digulung-gulung. Tapi cukup ditekan-tekan, insya Allah nanti bentuknya bisa halus, gak pecah-pecah. Kalau digulung khawatir isinya malah jadi keluar atau malah kulitnya pecah.
  • Letakkan di potongan daun pisang yang sudah diolesi minyak sedikit.
  • Setelah setengah adonan diisi, siapkan kukusan.
  • Didihkan air kukusan. Setelah kukusan panas, adonan yang sudah dibentuk bisa dimasukkan kukusan. Masak ± 15 menit, sambil kita menyelesaikan membentuk semua adonan :).
Sekitar ini untuk ukuran 35 gr, biar gak nimbang tiap adonan

Tips Masak Kue Ku

Tepung ketan cepat lembek. Sekali-kali buka tutup dandang untuk mengecek kematangannya dan untuk mengeluarkan uap.

Catatan Tambahan

Tau gak, kalau udah tahu basic ini, insya Allah sebenarnya bisa lebih mudah paham dan jadi kerasa mudah untuk bikin kue onde-onde atau kue mochi.

Bedanya, kalau onde-onde, kulitnya dicampur 50 gr tepung kanji. Berarti tinggal ditambah aja kira-kira nanti airnya. Sedangkan isinya bisa aja sama, atau dicampur dengan pandan.

kue ku tanpa cetakan

Sedangkan bedanya dengan mochi, adonan tepung ketannya dikukus dulu. Baru nanti dibentuk dan diisi dengan isi mochi. Isi mochi pun sebenarnya perbedaannya cuma diganti aja bagian kacang ijo diganti jadi kacang tanah.

Ini masih agak heran sih kalau adonan mochi dikukus dulu baru diisi. Kayanya gimana kan kalau adonan udah mateng, dibulet-buletin abis itu dimakan :D. Tangan yang bulet-buletin berarti harus bersih ya hehehe.

Bisa juga pakai cara bikin mochi jenis gulung. Jadi, masak adonannya sudah di loyang kotak dan modelnya udah datar rata seperti kalau bikin bolu gulung.

Atau mungkin mau dicoba bikin kue mochi dengan cara sama seperti bikin kue ku. Beda isiannya aja. Silakaan dicoba yang nyamannya gimana ^^.

cizkah
6 November 2021

One Reply to “Resep Kue Ku Tanpa Cetakan”

  1. Masyaallah, alhamdulillah. Jazakillahu khayran, mbak Sis <3 Pengen segera recook, semoga Allah mudahkan 🙂

Leave a Reply