Resep Sambal Jeruk Nipis

Bisa dibilang, hampir setiap orang yang ngerasain sambal ini bakal nanya, “Ini sambal apa?” Sambil nyocolin terus si sambel. Pedes tapi kaya nagih pingin nyocol. Apalagi kalau dimakan bareng sama ikan bakar.

Ini resep porsi kira-kira untuk 6 orang sekali makan. Karena sambal mentah itu enaknya untuk sekali makan. Tapi kalau sambal jeruk nipis gini, dibikin siang, insyaAllah masih lumayan enak juga untuk dikonsumsi saat malam hari.

Resep Sambal Jeruk Nipis:

  • Cabe rawit kalau kecil-kecil jingga bisa 8 buah (kalau di-mix sama cabe hijau bisa dikira-kira dengan perbandingan sama)
  • 1 sdt terasi matang
  • 1 sdt garam
  • Ulek kasar dulu
  • Tambahkan gula 2sdt. Haluskan
  • Peras 1,5 jeruk nipis. Air jeruk nipisnya yang banyak melimpah
  • Ulek ratakan. Selesai

Cocok dimakan bersama ikan bakar, makanan lain yang dibakar, briyani, dll yang lagi butuh penyegar yang bisa didapat dari asam pedas di sambal ini insyaallah.

Tips dalam Dunia Persambalan

Kunci bikin sambal biar ga kebanyakan dan biar ga keasinan adalah tau ini jenis sambal apa.

Misal ini sambal jeruk nipis yang akan ada tambahan gula dan jeruk nipis. Maka pakai garam 1sdt dan terasi 1sdt  insyaAllah pas.

Beda lagi kalau pas bikin sambal matang yang digoreng semua. Terasi dan garam garam harus dikurangi.

Untuk sambal jeruk nipis, biasanya aku pakai cabe rawit jingga aja. Tapi ternyata campur rawit hijau jadi tambah enak.

Ini baru 1 jenis sambal.
Masih ada sambal-sambal lainnya di keluarga kami. Biasanya ganti-gantian aku sama Abang yang bikin. Dan disesuaikan sama jenis lauk yang lagi dimakan.

Resep ini bisa jadi basic untuk sambal lainnya ya. Tinggal diganti di poin akhirnya; di bagian jeruk nipis. Misal mau jadi sambal tomat, tinggal diganti jeruk nipisnya jadi tomat. Sambal mangga berarti diganti pas bagian jeruk nipis jadi mangga. Kemecer terbit air liur jadinya ngebayangin sambal mangga 🤤.

#resepsambal #sambaljeruknipis #dapurcizkah #tipscizkah #tipsdapurcizkah

Jogja, 23 Juli 2021

Leave a Reply