Bintang Laut Halal Gak Mi?

Kalo Thoriq udah bangun itu…obrolan khasnya itu, kalo gak mainan ya makanan. Dari kemarin lagi “booming” banget nanya terus “Boleh gak makan… (random..segala macam binatang yang ada di laut :D)?” Mulai dari ikan paus, hiu, ubur-ubur, dll dll. Padahal udah berkali-kali juga mah dijawab. Semua yang ada di laut HALAL. Tapi kalo binatangnya berbahaya, beracun, […]

Janda…

Anak-anak lagi asyik lagi baca buku yang satu ini. Ini buku belinya diskonan di gramedia. Dan paling senang banget deh kalo beli buku diskon terus ternyata isinya bUAGus banget masya Allah. Dari awal beli, ni buku gak bosan-bosan dilihat sama anak-anak. Sampai akhirnya aku solasiin semua covernya. Soalnya udah mulai sekarat, kalo diplastikin tetep bakal […]

Penjumlahan Dasar (Gasing): Kuatkan Fondasi!

Sebelum Ziyad belajar lagi penjumlahan dasar, kami sudah sampai di materi satuan waktu. Waw banget rasanya waktu itu. Gimana dia harus praktek perkalian dan pembagian dibolakbalik. Sementara, penjumlahan dan pengurangan dia masih pakai jari :D. Alhamdulillah, Allah beri petunjuk untuk mulai lagi belajar dari dasar. Sama sekali ga ada ruginya. Langkah 1 BELAJAR ANGKA 1-5 […]

Cerita Matematika

Dari SD, aku suka matematika. Walaupun ada soal yang gak bisa aku kerjain, tapi aku tetap suka matematika. Waktu SMP, dapat kata-kata dari buku atau dari orang (lupa tepatnya), intinya usahakan jangan sampai membenci suatu pelajaran (atau gurunya). Karena itu bakal jadi penghalang pertama seorang paham sebuah pelajaran. Dan aku berusaha banget nerapin…tapi gak berhasil […]

Saudi Arabica

Thoriq…dah 5 tahun (secara kalender hijriah). Tapi dari tingkahnya…ya gitu..hehe..Masih suka bikin ketawa. Walau udah mulai sering juga bikin ngelus dada :D. Tapi intinya sih, dia masih fase anak-anak balita banget. Celetukan-celetukannya masih sering bikin kami cekikikan. Contohnya pas kejadian kami lagi makan es alpukat bareng. Dikerok-kerok sendiri, kasih susu, gula..hmm… “Mi..saudi arabica tuh dimana […]

a Hope

Seperti aku bilang kemarin…Ziyad sudah sampai surat An-Najm alhamdulillah. Dan sudah mulai proses menghafal surat Ath-Thur. Ini berarti Ziyad sudah hampir hafal 4 juz. Prosesnya masih terbilang lambat dengan track record dia menghafal yang sudah cukup lama hehe. Hafalan lainnya masih banyak PR untuk diperkuat. Dari semua yang telah terjadi selama ini, sebenarnya, aku menyimpan […]

Diberi Rasa Yang Berbeda

Punya anak perempuan setelah punya anak laki berturut-turut itu, jadi kerasa banget bedanya. Dan makin takjub karena ternyata perempuan sudah diberi “rasa” yang berbeda sejak dari bayi begini. Rasa di sini adalah fitrah kewanitaan. Dan ini yang perlu dijaga sama orang tua dan diarahkan supaya gak sampai melenceng. Mulai sadar tentang “rasa” ini sejak usia […]

Belajar Masak Secara Bertahap

Segala sesuatu, enaknya belajar secara bertahap. From the basic. Pun dalam hal memasak. Dan aku pun mengajarkan anak-anak secara bertahap. Gak langsung disuruh masak yang tingkat kesulitannya, untuk seorang wanita baru menikah juga mungkin masih error error :D. Untuk Ziyad, waktu itu dimulai dengan hal sederhana banget. Belajar menyalakan dan mematikan kompor. Sederhana banget ya. […]

Luma 1 tahun 3 bulan

Ini rapelan dari sebelum umur 1 tahun juga ya. Punya 3 anak, beda-beda perkembangannya. Kelihatan juga beda karakter dan kecerdasannya. Luma gampang banget menirukan gerakan dan suara. Bahkan tanpa diajarkan, dia udah bisa meniru sendiri. Misalnya suara toke. Tau-tau dia udah bikin susunan suara yang kita ngerti kalo dia itu lagi niru suara toke. hihi…Gimana […]

Busa

Percakapan lain dengan Thoriq yang menyadarkan aku tentang kata yang sama secara huruf dan fonetiknya tapi bedaaa banget artinya. Hayo apa istilah bahasa Indonesianya. Homofon, homograf atauu…? Weekend kemarin aku sempat beli busa tipis berwarna putih. Niatnya sih untuk dalaman tas yang pingin aku jahit. Terus Thoriq pegang-pegang busa itu sambil tanya, “Ini apa Mi?” […]

Proses Thoriq Belajar Menulis (4 tahun)

Pada dasarnya, aku masih menggunakan cara yang sama seperti pas ngajarin Ziyad dulu. Dalam arti, gak banyak materi (formal) yang diajarin. Fokus. Menulis, adalah sebuah aktifitas yang membutuhkan effort yang cukup besar dari seorang anak. Apalagi di usia balita heheh. Jadi, sampai saat ini, sebenarnya aku gak pernah “menugaskan” Thoriq untuk belajar menulis. Model belajar kami […]

Proses Thoriq Belajar Baca Iqro dan Latin

Proses belajar latin Thoriq memang lebih cepat dari Ziyad. Karena proses belajar Iqro-nya dia juga lebih cepat dari Ziyad. Bukan aku yang nyepetin…tapi dianya alhamdulillah yang lebih mudah. Mungkin juga faktor sering ngelihat flashcard atau poster wkwkwk 😀 (yang ini advertorial banget :D). Tapi beneran ko. Alhamdulillah karena proses pengenalan perhurufnya udah lancar, jadinya pas […]

Proses Hafalan Qur’an Ziyad Saat Ini

Aku kasih judul pake waktu “saat ini” karena proses hafalan Ziyad itu beda-beda dari waktu ke waktu. Dari caranya…dari waktunya. Semuanya butuh proses. Proses mengenali kemampuan anak. Proses membiasakan anak. Proses mengenali waktu yang tepat (untuk anak dan akunya hehe). Mendapatkan cara yang tepat. Menghafal kan butuh kesabaran. Kesabaran dari yang menghafal…sama yang mengajar. Jangan […]

Luma 10 Bulan

Lumaa…putri salihah ummi in sya Allah. Udah mo 10 bulan in sya Allah. Tapi belum pernah nulis perkembangannya sama sekali heheh. Waktu Ziyad dulu, perkembangan setiap minggu aja dicatat.Berasa banget masih punya anak satu, setiap perkembangan serasa dipelototin. :D. Waktu luangnya ternyata waktu itu masih banyak. Walaupun pada saat itu ngerasanya udah jadi ibu paling […]

Hatinya Pecah Karena Sayang…. #SuratZiyad

Sebelum melanjutkan ke pelajaran tahsin…mumpung masih fresh dan lagi baru kepikiran…Aku posting dulu ya surat dari Ziyad yang dia bikin tadi malam. Ziyad suka banget bikin surat-surat atau tulisan kaya gini. Baru kepikiran, kenapa gak dicatat di blog ya? 😀 Biasanya aku simpan…tapi ada juga yang ketelingsut-ketelingsut… Isi surat kali ini: Umi, Ziyad sayang banget […]