Manfaat Bed Time Story atau Bed Time Hadits

Waktu generasi Ziyad Thoriq, pernah nulis tentang bed time story dan bed time hadits. Karena generasinya udah beda, aku bahas lagi tentang ini ya. Manfaat menceritakan kisah/hadits atau bahkan pengetahuan umum dari buku ke anak-anak tuh banyak banget. Sebenarnya sama aja kita menyampaikan syariat, adab, akhlak atau pengetahuan yang berguna untuk pendidikan umum anak. Tambahannya […]

Perbaikan Hafalan

View this post on Instagram A post shared by Cizkah Ummu Ziyad (@cizkah) Setelah kembar mutar baca dari An-Naba – An-naas dengan melihat Al-Qur’an, aku tahu mereka sangat butuh perbaikan di SETIAP AYAT di SETIAP SURAT. Tadinya, aku mikir, gimana cara perbaikan hafalan mereka. Soalnya, mereka udah nambah hafalan Al-Insan. Akhirnya mutusin untuk stop hafalan […]

Review Buku Hiu dan Monster Bawah Laut

Buku ini beli tahun 2018. K,etika kami lagi beli buku pelajaran di toko buku Toga Mas. Yang namanya lagi beli buku pelajaran, berarti pengeluarannya sebenarnya udah banyak. Tapi Thoriq pingin banget buku ini. Dia request di saat-saat terakhir. Aku ragu untuk menyetujui, karena tulisan di bukunya terlihat kecil-kecil dan padat. Bukunya juga tebal. Khawatir kalau […]

Tips Saat Mendidik Iqro

Sedikan Media Belajar Pengiring Iqro Maksud aku yang mengiringi anak ketika baca iqro, adalah: Buku lain yang isinya sudah langsung keseluruhan hijaiyah Poster harokat yang isinya juga sudah keseluruhan hijaiyah. Ini beneran memudahkan insya Allah karena anak tinggal tengok aja. Buku iqro itu sendiri (misal yang sering lupa materi di iqro 3, berarti bawa iqro […]

Mengulang-Ngulang Saat Belajar Iqro

Seperti aku ceritakan sebelumnya, saat video terakhir yang aku bagikan tentang Kembar Muroja’ah Hafalan Lama, kembar sudah iqro 5. Jadinya, ketika perbaikan hafalan, alhamdulillah sudah bisa sambil melihat Al-Qur’an dan membaca dan melihat posisi ayat. Tapi, ketika melihat kondisi seorang anak sudah iqro 5, gak usah merasa wah apalagi insecure hehe. Karena, prosesnya – di […]

Menata Hati dan Pikiran

Wahb bin Munabbih rahimahullah berkata, الْمُؤْمِنُ يُخَالِطُ لِيَعْلَمَ،وَيَسْكُتُ لِيَسْلَمَ،وَيَتَكَلَّمُ لِيَفْهَمَ،وَيَخْلُو لِيَغْنَمَ “Seorang mumin itu bergaul untuk menambah ilmu, diam agar dia selamat dari dosa, berbicara untuk memahamkan, dan menyendiri agar mendapat kejayaan.” (Disebutkan oleh Ibnu Abi Ad-Dunya dalam Al-‘Uzlah dan Al-Infirad) —

Kembar Muroja’ah Hafalan

[Versi Instagram bisa diakses di postingan Kembar Hafalan; postingan tanggal 23 Agustus 2022] Hafalan kembar banyak yang pretel. Tapi memang seperti itu juga dengan kakak-kakaknya. Setelah masuk juz 29, hafalan juz 30 nya setengah buyar hehe. Sabar (aku pun berusaha sabar). Diulang lagi pelan-pelan. Alhamdulillah kali ini bisa sambil lihat Al-Quran. Karena mereka udah bisa […]

Sakit dan Kangen

ziyad di pondok hamalatul quran

Mau cerita dan catat berbagai hal, belum lagi cerita tentang satu hal yang sebenarnya pingin banget aku catat, ternyata banyak kejadian susulan yang juga akhirnya pingin dicatat karena terkait hal yang penting di kehidupan. Sebenarnya, harusnya aku nyatet tentang ujiannya Ziyad dan Thoriq. Berlanjut tentang persiapan mereka mau ke pondok. Atau hal-hal lain yang terjadi […]

Sesaat Setelah Anak-Anak ke Pondok

Meja panjangnya dipindahin ke dalam.Soalnya di luar lagi mendung.Kalau mendung, terasnya jadi gelap banget. Ini mereka lagi ngerjain soal dari buku gasing. Bahas buku gasingnya di post sendiri ya insyaAllah.Belum foto-foto. Mau cerita lainnya. Waktu aku pikir bisa “narik napas” setelah antar Ziyad hari Kamis dan pelan-pelan mau beresin rumah setelah segala persiapan ke pondok […]