Adab Mendengarkan Murottal Al-Qur’an

Saat membahas tentang tips memperdengarkan Al-Qur’an untuk anak-anak untuk memudahkan proses menghafal, beberapa kali aku mendapat pertanyaan terkait dengan ayat 204 di surat Al-A’raf. وَإِذَا قُرِئَ ٱلْقُرْءَانُ فَٱسْتَمِعُوا۟ لَهُۥ وَأَنصِتُوا۟ لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُونَ Artinya: Dan apabila dibacakan Al Quran, maka dengarkanlah baik-baik, dan perhatikanlah dengan tenang agar kamu mendapat rahmat. Pertanyaannya, gimana kalau anak main, apa […]

Hafalan Baru

View this post on Instagram A post shared by Cizkah Ummu Ziyad (@cizkah) Bukan sebuah rekaman yang super rapi.Tapi, kenyataannya, kadang pas setoran hafalan seperti ini ya. Ini lagi setoran hafalan baru.Insya Allah untuk membantu menggambarkan realita gimana praktek hafalan buat anak-anak. Dari rekaman ini, aku juga dapat poin bahasan tentang hafalan baru. Yaitu tentang […]

Mindset Bersepeda

Ziyad suka olahraga alhamdulillah. Setelah Ziyad beralih ke sepeda yang lebih besar, Abang beberapa kali mengajak bersepeda jauh dengan Ziyad dan Thoriq, Abang sempat mengira Ziyad kurang kuat untuk bersepeda jauh karena dia biasanya segera ingin pulang. Kadang dia juga kelihatan kurang bersemangat saat diajak bersepeda bersama.   Waktu itu, memang sepeda yang tadinya buat dia, dialihkan […]

Tenang dan Tercapai Alhamdulillah

Alhamdulillah, hari ini terasa lebih damai dari biasanya. Materi anak-anak alhamdulillah juga tercapai juga dengan damai. Mungkin juga karena aku belum ngajarin materi baru (Matematika). Tapi aku mau catat tentang hari ini. Karena siapa tahu dengan pola hari ini, hari-hari dan materi insya Allah bisa tercapai dengan tenang dan gak kerasa buru-buru atau terasa hectic. […]

Rindu

Masih belum tahu caranya menghilangkan rindu secara cepat. Rasanya aku masih ingin melalui waktu bersama dengan tenang. Tapi, ternyata aku sudah harus terburu menyiapkan keberangkatan Ziyad ke pondok. Yang ada, ketika Abang dan Ziyad berangkat, tinggal lelah yang terasa. Baru kemudian malamnya aku menangis tersedu-sedu – sendirian – karena baru menyadari bahwa rinduku belum sembuh. […]

Resep Kue Ku Tanpa Cetakan

Alhamdulillah, terwujud juga bikin Kue Ku. Mikir-mikir, gak harus pakai cetakan juga insya Allah. Seperti kalau bikin kue Boyo, ternyata sebenarnya itu bentuk lain dari kue Putri Mandi, Bugis Mandi atau bahkan Badak Mandi. Cuma beda bentuk aja, tapi sebenarnya isi dan sekitarnya sama. Ya udah, eksekusi. Alhamdulillah emang udah stok kacang ijo kupas entah […]

Resep Ketan Srikaya

ketan srikaya

Alhamdulillah, bisa dapat resep ini di buku resep favorit. Makanan ini termasuk kesukaan keluarga Abang. Jadi, kalau bisa masak ini jadi sesuatu yang menyenangkan untuk semua orang. Tapi mengingat kandungan ketan sebenarnya sudah mengandung index glikemik yang cukup tinggi dan pemakaian gula di sini, jadi aku sarankan ketika makan ini dikontrol ya hehe. Plus juga […]