Resep Sup Kambing Pedas ala Betawi

sup-kambing-pedas-resep

Taqobalallahu minna wa minkum. Alhamdulillah ketemu lagi dengan ‘Idul Adha ya. Insya Allah semua orang mendapat bungkusan plastik isi daging sapi atau kambing kan? Hehe…Kalau sapi mungkin sehari-hari mudah didapatkan dan cara pengolahannya pun bermacam-macam. Nah, kalau kambing, menurut saya ada tantangan tersendiri karena saya tidak ingin daging kambing tersebut di sate atau digoreng.  Mau […]

Omarmariam.irsyad.sg: E-Learning Bahasa Arab untuk Anak

Percaya atau tidak, Ziyad (4 tahun 3 bulan) bisa menyatakan isim isyaroh hadza dan hadzihi untuk Omar, Mariam dan Qittoh secara tepat tanpa saya ajarkan mana yang mudzakar dan mana yang muanats melalui website ini. Sama seperti kita atau para bayi kita belajar bahasa ibu, maka cara belajar bahasa terbaik adalah dengan mendengar dan mempraktekkannya […]

Saat Turun Hujan

hujan-deras

Hampir 10 bulan lamanya,  Yogyakarta tidak merasakan guyuran hujan. Itu berarti hampir sama dengan usia Thoriq. Saat terakhir hujan, Thoriq masih berusia 2-3 minggu. Maka saat kemarin turun hujan lumayan deras di daerah kami, suasana takjub, gembira mewarnai wajah Thoriq yang sangat suka dengan air. Mungkin dalam pikirannya, “Wih…ada air banyak banget!”

Cerita Mudik Bagian 2: Travel oh Travel…

Mari kita masuk ke cerita yang insyaAllah bisa jadi masukan untuk teman-temanyang belum pernah merasakan jasa angkutan umum yang bernama travel. Singkat cerita, karena kami memutuskan mudik itu ya rodo dadakan dan tiba-tiba. Terus waktu kami membuat keputusan itu adalah pas zaman-zamannya arus balik orang abis mudik. Jadinya, semua tiket mahal-mahaaal, dan semua tiket ternyata […]

Cerita Mudik Bagian 1: Antara Silaturahim dan Shodaqoh

Beberapa waktu yang lalu, aku baru sadar, ternyata ada yang sama dari ibadah silaturahim dan shodaqoh. Kondisi 1 Untuk orang-orang yang tempat tinggal orangtua/keluarganya dekat, hubungan dengan keluarga harmonis adem ayem, maka menjalin silaturahim itu seperti orang kaya yang punya duit yang gak usah dihitung-hitung yang tinggal keluarin di saat dia mau atau dibutuhkan. Tinggal […]

Apa Ziyad Kena Bullying?

Ini postingan yang aku post di group Sunni HomeSchooling…eman-eman udah nulis panjang-panjang gak kearsip. Siapa tau yang baca ada yang punya solusi :D. # Orang2 yg ketemu Ziyad insyaALlah tau anaknya tuh aktif dan supel (tapi kadang kalo gak cocok ya bakal streng2an juga si). Dia ketemu sapa aja lsg nyapa, ketawa…dll (uda dari kecilnya […]

Ziyad Syaikhan +- 4 Tahunan

Kalau menurut kalender hijriah, Ziyad udah umur 4 tahun tanggal berapa Juni ya…dia kan lahirnya bulan Rajab. Kalo menurut kalender Masehi, tanggal 24 Juli kemarin. Banyak…banget kemampuan dia yang masya Allah kayanya sulit kalau ditulis satu persatu. Plus perkembangan emosional, sosial dllnya. Mari coba kita tuliskan satu persatu. Proses Homeschooling (Homeschoolingan :D) Proses homeschooling-nya Ziyad […]