Toilet Training Luma

  Proses TT Luma ini, alhamdulillah termasuk yang paling mudah. Kesannya paling lama prosesnya, tapi disisi lain paling mudah. Kok bisa? Gak seperti abang-abangnya yang mulai “tet” umur 18 bulan, Luma mulai…mmm…ya lewat dari itu, tapi belum 2 tahun. Sekitar  umur 20 bulan-an.  Sebenarnya, Luma udah menunjukkan kemandirian sebelum itu. Masalahnya, berbagai proses “belajar” Luma […]

Sometimes, I Just Don’t Understand…

Kadang…apa sering yah, aku tuh gak ngerti sama percakapan mereka. Anak-anak. Ziyad, Thoriq yang suka banget cerita atau berkhayal sesuatu. Seringkali aku berusaha konsentrasi mendengarkan cerita mereka. Dijelaskan dari gambar-gambar yang mereka buat, atau sambil memainkan mainan yang telah mereka buat. Tapi gak paham. Gagal paham. Kadang aku menyahuti sedikit dari beberapa tokoh atau kata […]

DIY: Membuat Counting Beads, Based on Montessori Method

Alhamdulillah, akhirnya terwujud juga bikin bead bars (manik bersusun) model montessori ini. Walaupun masih terbatas 2 warna hihi. Soalnya pas beli beadsnya belum kepikiran banget buat ngewujudin ini. Padahal pinginnya udah dari zaman Ziyad masih preschool. Lama amat ketundanya haha. Soalnya kalo pas ke toko 96 nyari ko gak ada yang pas. Mau beli beads yang dalam […]

Janda…

Anak-anak lagi asyik lagi baca buku yang satu ini. Ini buku belinya diskonan di gramedia. Dan paling senang banget deh kalo beli buku diskon terus ternyata isinya bUAGus banget masya Allah. Dari awal beli, ni buku gak bosan-bosan dilihat sama anak-anak. Sampai akhirnya aku solasiin semua covernya. Soalnya udah mulai sekarat, kalo diplastikin tetep bakal […]

Tips Melatih Gadis Kecil Kita Berjilbab

Dulu, saat masih gadis, melihat seorang ummahat membawa anaknya yang masih bayi dijilbabi rasanya aneh. “Kan kasihan.” “Kan gerah.” “Kan sumuk.” Tapi ternyata seiring waktu, akhirnya saya mulai mengerti. Penjagaan sejak dini dari orangtua sangat dibutuhkan. Memakai jilbab, adalah sebuah ujian keimanan bagi seorang wanita. Apalagi di masa kita. Masa dimana setiap jengkal langkah dan pandangan mata […]

a Hope

Seperti aku bilang kemarin…Ziyad sudah sampai surat An-Najm alhamdulillah. Dan sudah mulai proses menghafal surat Ath-Thur. Ini berarti Ziyad sudah hampir hafal 4 juz. Prosesnya masih terbilang lambat dengan track record dia menghafal yang sudah cukup lama hehe. Hafalan lainnya masih banyak PR untuk diperkuat. Dari semua yang telah terjadi selama ini, sebenarnya, aku menyimpan […]

Upside Down Homeschooling; “Anak-Anak Sekolahin Aja..”

Masih lanjutan kemarin. Setelah kejadian hari Jumat, menghabiskan 2 malam yang sepi untuk kami berdiskusi. Malam sepi di sini artinya mendekati tengah malam dan lewat malam. Karena disitulah waktu kami bisa tenang mendikusikan segala sesuatu tentang keluarga yang kami bangun ini. Malam Sabtu Dari pembicaraan jarak jauh lewat whatsapp (aku di rumah dan abang di kampus), […]

Ngelonin Anak itu Berpahala

Minggu kemarin, bagi aku terasa sebagai minggu terberat sebagai seorang ibu. Keadaan berat itu diperparah dengan kondisi aku yang lagi haidh. Dzikir-dzikir jadi banyak yang lepas karena biasanya dzikir pagi dan sore ya setelah sholat. Waktu-waktu “rehat” terkena air wudhu tentu saja jadi gak ada. Hari Jumat kemarin adalah hari terberat dan tersedih. Malamnya aku […]

Belajar Masak Secara Bertahap

Segala sesuatu, enaknya belajar secara bertahap. From the basic. Pun dalam hal memasak. Dan aku pun mengajarkan anak-anak secara bertahap. Gak langsung disuruh masak yang tingkat kesulitannya, untuk seorang wanita baru menikah juga mungkin masih error error :D. Untuk Ziyad, waktu itu dimulai dengan hal sederhana banget. Belajar menyalakan dan mematikan kompor. Sederhana banget ya. […]